Universitas Internasional Batam bekerja sama dengan PT. Shopee Indonesia mengadakan kegiatan Webinar “Penerapan Strategi Digital Marketing Dalam E-commerce” pada 29 Januari 2022. Kegiatan ini dibawakan oleh Ibu Ridhayati Farid, S.Psi., M.M. selaku moderator dan juga bapak Aditya Saputra selaku pemateri. Kegiatan berlangsung selama 2 jam dengan dihadiri oleh 393 peserta mahasiswa dan alumni UIB. Program kegiatan kali ini merupakan bentuk kepedulian kepada mahasiswa ataupun UIB yang saat ini sedang menjalankan usaha atau berencana membuka usaha.
Webinar ini membahas mengenai strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran secara digital melalui pemanfaatan fitur-fitur yang tersedia di e-commerce dan juga memperluas jangkauan pasar melalui media sosial. Pada dasarnya program pemasaran yang tepat harus ditunjang dengan efektivitas iklan yang baik pula, dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang memperngaruhi tingkat penjualan produk yang dipasarkan. Efektivitas pemasaran tidak terbatas hanya untuk pembelian produk melainkan diperluas ke berbagai aspek psikologis dan kognitif yang berkaitan dengan kesadaran dan niat yang memainkan peran penting dalam keputusan pembelian.
“Mengingat pentingnya penggunaan media sosial di Indonesia, penting untuk memilih media sosial yang sesuai dengan tujuan promosi dan target pasarmu. Pengaruh media sosial terhadap bisnis E-commerce diantaranya menjangkau audiens yang luas, memperluas kegiatan #DiRumahAja, dan juga dapat meningkatkan trafik di Shopee bagi yang memiliki akun penjual di Shopee.” papar Bapak Adit dalam materinya.
Kegiatan ini diawali dengan penyampaian dari pemateri dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan serta ilmu yang baru bagi para peserta yang hadir tentang strategi yang tepat dalam menerapkan startegi digital marketing dalam e-commerce. Selain itu, mahasiswa menjadi semakin memahami bagaimana peluang dan pemanfaatan digital marketing dalam e-commerce serta dapat mulai menumbuhkan atau mengembangkan jiwa entrepreneurship muda.