Batam, 2 Maret 2021. Ikatan Keluarga Alumni Universitas Internasional Batam sukses (IKA UIB) melaksanakan Webinar Branding Your Business. Webinar ini mengangkat tema “Present Your Business as A Brand” yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan bisnis masa kini. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Februari 2021 secara daring pada Zoom dan kanal YouTube BPKA UIB.
Kegiatan ini merupakan kontribusi nyata alumni terhadap pengembangan mahasiswa UIB. Dalam webinar ini, IKA melibatkan alumni secara langsung dimana narasumber dan moderator merupakan alumni UIB. Adapun yang menjadi narasumber adalah Ridho Azhar, S.Kom alumni program sarjana Sistem Informasi tahun 2016 dengan dimoderasi oleh Febrika Sandhra, S.E. alumni program sarjana Manajemen tahun 2017 yang saat ini sedang menempuh program Magister Manajemen di UIB.
Bapak Dr. Hepy Hefri Ariyanto sebagai Wakil Rektor III UIB mengapresiasi IKA UIB dalam pengembangan mahasiswa dan alumni, khususnya melalui adanya kegiatan webinar ini. Melalui sambutannya beliau mengajak alumni tetap terus mendukung UIB.
“Kalau sewaktu pertemuan tatap muka cukup sulit untuk bertemu dengan alumni. Tapi dengan adanya Pandemi justru membawa berkah yang lain, ternyata dengan online kita dengan alumni bisa menjadi lebih leluasa untuk dapat berkumpul.” ujar Pak Hepy dalam sambutannya.
Ketua IKA UIB, Bapak Hendra Asman, S.H., M.H. juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada UIB yang selalu memfasilitasi dan terus memediasi antara pengurus IKA dengan alumni.
“Mudah-mudahan dalam masa era New Normal tidak menyusutkan semangat kita alumni untuk memberikan kontribusi kita kepada bangsa dan negara khususnya kepada almamater kita UIB. Semoga melalui kegiatan ini mampu merangsang dan mendorong kita semua terus bersama-sama menjaga kebersaudaraan kita di UIB ini.” Papar Pak Hendra.
Perkembangan industri dan bisnis saat ini sangat cepat dan semakin meningkatkan kompetisi di antara pelaku bisnis. Produk yang tidak dengan cepat mengikuti perkembangan akan kalah dalam kompetisi. Topik dalam webinar ini mencakup pengenalan mengenai apa itu Branding dan bagaimana pelaku bisnis melakukan Branding pada produk yang ditawarkan.
Tujuan adanya branding adalah memberikan pedoman yang strategis dan kreatif yang memungkinkan mencapai keunggulan kompetitif dan kemajuan serta menuju marketing-driven company.
“Masalah branding adalah masalah persepsi, tentang apa yang mau kita tanamkan ke dalam benak orang tentang produk atau jasa kita. Jadi apa yang mau kita tunjukkan kepada orang, itulah yang harus konsisten kita komunikasikan. Branding juga bukan selalu tentang budget yang besar, banyak cara-cara sederhana yang bisa memberikan dampak yang besar.” papar Bang Ridho pada materi yang disampaikannya.
Webinar ini berlangsung selama satu jam dengan sesi tanya jawab dan diskusi yang seru antara peserta dengan pemateri mengenai Branding bisnis. Harapannya kegiatan ini bermanfaat bagi alumni dan mahasiswa, khususnya bagi yang sedang membangun bisnis. Kegiatan semacam ini harapannya juga akan terus berlanjut dan terus melibatkan alumni untuk pengembangan kemahasiswaan dan alumni di UIB.