Webinar Kegiatan Training Series Sinergisitas Kurikulum OBE dan Apple Academy Dengan Tema “Implementasi Challenge Based Learning (CBL) dalam Penguatan Kurikulum OBE”

Ditulis oleh humas

On Februari 9, 2021

Dalam rangka penyelarasan kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang bermutu dan produktif sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional dengan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan formal, informal, nonformal, pelatihan maupun pengalaman kerja yang diakui dengan sistem pengakuan pembelajaran lampau maupun kemampuan saat ini, maka Academic Development Center mengadakan Webinar Implementasi Challenge Based Learning (CBL) dalam Penguatan Kurikulum OBE” pada hari Jumat, 05 Februari 2021 Pukul 15.00 – 1.00 . Webinar ini dilaksanakan secara online menggunakan zoom dengan pembicara Dr. Ing. Sabariman, S.T., M.Sc dan Moderator Aan Andriawan, M.T selaku ADC UIB.

Internalisasi dan akumulasi ke empat parameter yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur di dalam Sistem Pendidikan Nasional (Program Pendidikan Berbasis Akademik, Vokasi, dan Profesi) atau melalui pengalaman kerja di dalam Sistem Sertifikasi Nasional (Pengembangan Karir Berbasis Pelatihan Kerja dan Pengalaman) disebut capaian pembelajaran, yang harus dinyatakan ke dalam pola standar yang bisa dipergunakan oleh semua pemangku-kepentingan terkait untuk pelaksanaan tugas masing-masing (Badan Standarisasi Nasional Pendidikan/BSNP, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi/BAN-PT, Lembaga Akreditasi Mandiri/LAM, Badan Nasional Sertifikasi Profesi/BNSP, dan Auditor Internal maupun External). Secara umum parameter deskripsi dinyatakan ke dalam: kemampuan di bidang kerja (dari profil lulusannya), pengetahuan yang dikuasai (rumpun ilmu), dan kemampuan manajerial (posisi manajerial di bidang kerja). Di samping itu, setiap Perguruan Tinggi dapat menambahkan kemampuan-kemampuan lain pada lulusannya, yang dalam format Pendidikan Tinggi (Dikti) dimasukkan ke dalam klasifikasi “kompetensi pendukung dan kompetensi pilihan lainnya”, atau ke dalam “kompetensi khusus” menurut klasifikasi standar isi BSNP.

Kurikulum OBE juga sejalan dengan apa yang ada pada Apple Academy. Berbicara soal Apple, pastinya yang langsung muncul di otak mkiota adalah produk-produk seperti iPhone, iPad, MacBook, Apple Watch, ataupun system operasi iOs dan MacOs. Sejak 2018 Apple juga memiliki facility center di Indonesia? Facility center tersebut ialah Apple Developer Academy. Academy ini sendiri didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia di bidang teknologi. Apple Developer Academy sudah mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 2018 dan menjadi satu-satunya di Asia. Pada Apple Academy sendiri ada Challenge Based Learning. Menggunakan tantangan untuk bingkai belajar pengalaman berasal dari eksplorasi realita televise, percakapan dengan orang-orang yang di hidup pusat pada tantangan, dan refleksi pada pengalaman belajar pribadi di dalam dan di luar kelas. Ketika dihadapkan dengan tantangan, sukses kelompok dan individu memanfaatkan pengalaman, memanfaatkan sumber daya internal dan eksternal, mengembangkan rencana dan mendorong maju untuk menemukan solusi terbaik

Dari uraian diatas UIB sendiri sudah mengimplementasikan kurikulum OBE, tapi dalam prosesnya perlu adanya penguatan. Salah satu penguatan tersebut dengan implementasi CBL pada pembelajaran daring. Maka dari itu ADC menyelenggarakan acara dengan implementasi CBL dalam penguatan OBE pada Universitas Internasional Batam.

Share this :

Berita Lainnya…

Outbound Lecturer UIB Tourism

Outbound Lecturer UIB Tourism

[Batam, 21 Maret 2024] Dalam konteks perluasan pengetahuan dan kolaborasi akademik antar lembaga pendidikan tinggi, seorang dosen dari Universitas Internasional Batam (UIB) PS Pariwisata akan melakukan pengajaran dan kunjungan Management and Science University...

read more